Pages

Minggu, 18 September 2011

Resum Manajemen SDM pertemuan 1

Manajemen            Sebuah seni untuk mendapatkan banyak hal dengan baik (semuanya selesai dikerjakan) melalui orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.

            An Art => Seni adalah sesuatu yang indah. Seni membutuhkan knowledge/theory, disini tentunya pengetahuan/knowledge tentang teori manajemen.

           Getting Thing => mendapatkan banyak hal/ semuanya saja (uang/ modal/ barang)

           Well done => dikerjakan dengan baik. Mencakup:


  1. kualitas dan kuantitas => waktu dan jumlah ex: pekerjaan untuk 2 orang dapat diselesaikan oleh 1 orang dengan hasil yang baik dan waktu yang relative lebih cepat
  2. dapat diukur => measurable ex: ukuran, banyaknya dll.
  3. lebih baik daripada competitor dunia => the process leveling up: word class
  4. standardize: ex: chef hotel bintang 5 di shangrilla sama dengan chef hotel shangrilla di luar negeri.
Trough other people => melalui peranan orang lain

  1. Mendayagunakan orang lain dengan konsep/ goal yang telah diarahkan (transforming from leader)/ ssi dengan organisasi
  2. Membuat orang MAMPU dan MAU sampai batas yang dimiliki oleh orang tersebut dengan memotivasi. Yang penting adalah ke-MAU-an dr orang tersebut à important thing. Pilihan:
  • tidak mau dan tidak mampu
  • mau dan tidak mampu
  • Tidak mau tapi mampu, dan
  • mau dan mampu.
         <x> Membuat orang memiliki ability dan willingness.
         <x> Other people à Mengelola SDM dengan tidak hanya tepaku pada tugas tapi membangun dan menciptakan nilai kehidupan (Spirit of Life).

        3. Memotivasi orang agar MAU adalah dengan membuat lingkungan yang adaptif, memasukkan nilai positif dalam hidup dan memberikan banyak latihan.

Manajemen juga mempunyai dasar-dasar. Dasar-dasar tersebut :
  • Planning => perencanaan
  • Organizing => pengorganisasian
  • Actuating / Leading => pengarahan
  • Controlling => pengawasan
Sumber Daya
  • Manusia yang berkarya dalam suatu lingkungan organisasi
  • Potensi manusiawi sebagai penggerak organisasi
  • Potensi / modal (intangible asset) dalam suatu organisasi
Fungsi MSDM
  • Planing, Requitment and selection
  • HR Development
  • Compensation and BenefitSafety and healty
  • Employee and Labor Relation
  • HR Research
Tujuan MSDM
Tujuan Organisasi
  • Membantu organisasi mencapai tujuannya
Tujuan Fungsional
  • Mempekerjakan staff sesuai keahlian dan kemampuannya dengan efisien
  • Menyediakan pekerja yang terlatih dan bermotivasi untuk kepentingan organisasi
  • Mengkomunikasikan kebijakan dept SDM kepada semua pekerja
  • Membantu menjaga dan memelihara moral-etika pegawai
Tujuan individu
  • Menjaga dan meningkatkan kepuasan kerja dan aktualisasi diri
  • Mengembangkan dan memelihara kwalitas kehidupan kerja
Tujuan Masyarakat
  • Memfasilitasi perubahan yang berguna bagi individu,kel,perusahaan, publik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar