Pages

Selasa, 13 September 2011

Resume PBO Pertemuan 2


Class dan Object
Kelas adalah template yang mendefinisikan bentuk objek. Ini menentukan baik data dan kode yang akan beroperasi pada data tersebut. Java menggunakan spesifikasi kelas untuk membangun objek. Objek adalah contoh dari sebuah kelas. Jadi, suatu kelas dasarnya seperangkat rencana yang menentukan bagaimana membangun objek. Hal ini penting untuk menjadi jelas tentang satu masalah: kelas adalah abstraksi logis. Hal ini tidak sampai obyek dari kelas yang memiliki telah dibuat bahwa representasi fisik dari kelas yang ada di memori.
Bentuk Umum Class
class classname {
// declare instance variables
type var1;
type var2;
type varN;
// declare methods
type method1(parameters) {
// body of method
}
type method2(parameters) {
// body of method
}
}

Constructor
Konstruktor adalah fungsi khusus di dalam kelas. Ini harus memiliki nama yang sama dengan kelas. Metode ini selalu "publik" bahkan jika atribut ini tidak disebutkan. Konstruktor ini secara otomatis dipanggil ketika sebuah instance dari kelas masing-masing dibuat. Perbedaan lain dari fungsi lainnya adalah bahwa Konstruktor tidak menggunakan "kembali" instruksi.
kelas yang berisi konstruktor dipanggil untuk membuat objek dari class blue print. Deklarasi konstruktor terlihat seperti Metode deklarasi-kecuali bahwa mereka menggunakan nama kelas dan tidak memiliki jenis kembali.
Ciri-ciri Contructor
·         Nama Constuctor sama dengan nama class
·         Constructor tidak memiliki return value, void pun tidak boleh
·         Constructor boleh lebih dari satu (overloading constructor)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar